Jumat, 25 Mei 2012

Tugas Bahasa Indonesia , Karya Riya Oktaviyanti


AKIBAT PENASARAN
          Hari ini aku dan temen-temen punya tugas dari sekolah , biar lebih mudah ngerjainnya jadi kami ngerjakan sama-sama di rumah Zenni .
Aku , Maria , Dilla , dan Nanda mau ke rumah Zenni , kami naik motor , aku sama Dilla , dan Maria sama Nanda . Nah, karna rumah Zenni itu jauh kita cari-cari jalan pintas supaya bisa lebih cepat nyampe ke rumah Zenni .
          “ Eh, coba kita lewat sini , kayanya bisa tembus deh ! “ kata Nanda
“ Masa sich ? kamu yakin kah bisa lewat sini ? “ kata Dilla
“ Ya yakin gak yakin . kamu mau lewat mana ? kamu mau lewat jalan mutar ? udah jauh , di situ juga banyak polisi . Kita juga gak pake helm kan ! “ Kata Nanda
“ Ya sudah dah “ Kata Dilla
“ Woy , betulan kah kita lewat sini ? “ Kata-ku
“ Iya sudah , gak apa-apa ya’ , dari pada di tilang polisi “ kata Dilla
( Kami terhenti sebentar karena aku )
“ Eh , stop dulu “ kata-ku
“ kenapa ya’ ? “ kata Maria
“ Kita kan gak pernah lewat jalan ini “ kata-ku
“ Ya ampun , gitu aja , kamu takut ? “ kata Maria
“ Enggak kok , siapa bilang ( berpura-pura berani ) “ kata-ku
“ Ya udah , ayooo … “ kata Maria
          Disekeliling jalan ini hanya hutan , hutan , dan hutan . Tapi , tidak lama kemudian , ada gedung tua yang sangat besar dengan halaman yang luas .
Saat melihat gedung itu aku tertarik banget untuk mau masuk ke gedung itu .
Tapi tidak untuk hari ini , karna hari ini aku dan temen-temen mau ngerjakan tugas dulu .
          “ Riya , tuh liat ! langsung tembus ke seberang gang Zenni kan ! “ kata Nanda
“ Iya , ya sudah ayo ke tempat Zenni “ kata-ku
Sesampai kami semua di rumah Zenni
“ Eh , kenapa baru nyampe ? “ kata Zenni
“ Tadi kehabisan bensin “ kata Maria
“ Oh , ya sudah , ayo masuk ! “ kata Zenni
“ oke “ kata Maria
          Saat semua sudah masuk ke rumah Zenni
“ Eh Zen “ kata-ku
“ kenapa ? “ kata Zenni
“ kamu tau gak tentang jalan yang di seberang gang mu itu ? “ kata-ku
“ Iiih , disitu tu sereeem banget tau’ “ kata Zenni
“ beneran ? “ kata-ku
“ makanya jalan itu di tutup sama kayu “ kata Zenni
“ kamu tau gedung yang didalam jalan itu gak ? “ kata-ku
“ aku sih gak tau banyak , cuma kata orang , kalau ada kelompok orang masuk ke situ pasti ada yang harus tinggal di gedung itu satu orang , emang kenapa sih ? kalian tadi lewat situ ? “ kata Zenni
“ enggak-enggak ( seakan-akan tidak tau ) “ kata-ku
“ Heh , Riya , kenapa kamu nanya ke Zenni ? ( sambil berbisik ) “ kata Maria
“ aku tertarik sama gedung itu tau’ . “ kata-ku
“ Hah , sembarangmu lah , yang penting kita sekarang kita kerjjakan dulu ni tugas “ kata Maria
“ Ia dah , o iya , Pr nya halaman berapa ? “ kata-ku
“ Halaman 224 “ kata Maria
          Sesudah tugas kami semua selesai !
“ Alhamdulillah , akhirnya semuanya selesai “ kata-ku
“ Ia, Alhhamdulillah ya , sesuatu “ kata Nanda
“ Hahahaha “ kata Zenni
“ Ya udah , kalo gitu kami semua pulang dulu ya Zen !, kan tugasnya udah selesai “ kata Maria
“ Oh , iya-iya … “ kata Zenni
“ Breeem ( suara gas motor ) kami pulang ya , Assalamu’alaikum “ kata Dilla
“ Ia, hati-hati ya , walaikumsalam “ kata Zenni
          Sesampai di depan gang !
“ kita mau lewat jalan itu lagi ? “ kata Maria
“ Ia lah , udah ayooo “ kata-ku
          Kami pun pulang melewati jalan yang sama saat kita berangkat tadi . Kami mulai mendekati gedung itu .
“ Dil , liat deh ! serem banget sih gedung ini “ kata-ku
“ gimana gak serem , gedung nya aja ada di tengah jalan sepi , yang sekelilingnya di penuhi hutan “ kata Dilla
“ Ia sih , tapi kayanya asik deh buat petualangan “ kata –ku
“ petualangan mata mu , uji nyali baru betul “ kata Dilla
“ Hehehe , eh , kapan-kapan kesini yok ! “ kata-ku
“ aku tu sembarang aja “ kata Dilla
“ Sip dah “ kata-ku
“ tapi masa bedua aja ? ajaki buhannya ! “ kata Dilla
“ Ia lah , tenang aja  “ kata-ku
          Beberapa hari kemudian !
“ Eh ya’ , jadi kah ? “ kata Dilla
“ jadi apa ?” kata-ku
“ pikun anak ni , ke gedung itu ! “ kata Dilla
“ Ooh , jadi dong ! “ kata-ku
“ kapan ? “ kata Dilla
“ Hari ini aja , sore jam 5 “ kata-ku
“ Ia , bilangi Maria sama Nandanya ! “ kata Dilla
“ nanti aku aja yang bilangi “ kata-ku
“ ya dah , nanti jemputi aku lah ! “ kata Dilla
“ Sip ! “ kata-ku
          Sore pun tiba !
“ Dilla ….. Dillaa ….. ( memanggil ) “ kata –ku , Maria , dan Nanda
“ Oh , oke … tunggu bentar ! “ kata Dilla
“ Sip , Ayo dah berangkat ! “ kata-ku
“ kamu ni bawa apa aja ya’ ?, Tas mu kok gede’ banget “ kata Dilla
“ tali tambang , cabe , karung , jaring , paku , palu , helm , senter , lilin , balon ! “ kata-ku
“ buat apa ? “ kata Dilla
“ buat nangkap hantu nya ! “ kata-ku
“ umma ae , harau ikam wani ya’ ya’ ! “ kata Dilla
“ hehehe … gak papa lah ! “ kata-ku
“ Ehhhh , Riyaaa ….. “ kata Nanda
Ciiiiiiiiiiiit  .. ( suara rem motor )
“ apa ? , bikin kaget aja ! “ kata-ku
“ kamu betulan mau masuk situ kah ? , kita bentar lagi nyampe di jalan gedung serem itu “ kata Nanda
“ Ia lah , kamu kan sudah bilang setuju kalo’ … masa mau pulang ? “ kata-ku
“ Ia , tapi ini mau senja “ kata Nanda
“ Biarkan … kenapa ? takut kah ? “ kata-ku
“ Gak takut , Cuma gak berani ! “ kata Nanda
“ Hah , sama aja ,,,, kamu pang Mar , takut kah ? “ kata –ku
“ Yeee … aku tu gak penakut kaya Nanda “ kata Maria
“ Nah , kalo gitu kita lanjut lah “ kata-ku
“ Ia … sekarep mu wae “ kata Maria
          Beberapa menit kemudian
“ Nah , sudah nyampe kita “ kata Dilla
“ Ayo masuk ! “ kata Maria
“ Ayo … heh Nan , Ayooo! “ kata-ku
“ Ia … “ kata Nanda
          Saat sudah masuk ke dalam gedung .
“ Wow … seremnya ae “ kata Maria
“ ini Luas banget tau’ “ kata Nanda
“ tau ae luas ,,, kira mu aku gak bisa liat kah ? “ kata Maria
“ ia , dah ,, eh , aku mau pipis nah .. “ kata Nanda
“ Ya ampun , baru masuk sudah ketakutan ! Tahani aja dulu ! “ kata Maria
“ Iiiiss … “ kata Nanda
          Tiba-tiba langsung ada suara perempuan benyanyi
“ Heh , Diaaam …. “ kata-ku
“ kenapa ? “ kata Maria
“ ada yang nyanyi “ kata-ku
“ siapa ? “ kata Maria
“ Mana ku tau “ kata-ku
“ Weh Dilla mana ? “ kata Nanda
“ Bukannya tadi ada di sebelah mu ya’ ! “ kata Maria
“ tadi memang ada , tapi sekarang gak ada “ kata-ku
“ Ya sudah , kalau gitu mau gak mau kita harus cari Dilla “ kata Maria
“ yaaaahh , masa kita harus kelilingi gedung yang seluas ini ?” kata Nanda
“ Ia lah … Dilla kan temen kita !, kita harus setia kawan donk “ kata Maria
          Kami berjalan keliling-keliling dan suara nyanyian perempuan tadi pun semakin keras terdengar , dan  tiba-tiba suara nyanyian kematian  tadi berubah menjadi suara teriakan yang menjerit-jerit . Suara itu semakin keras terdengar.
          Kemudian kami melihat , ternyata yang benyanyi dan menjerit itu adalah Dilla , dan keadaan Dilla saat itu seperti setelah di cekik , dan Dilla berlumuran darah .
“ Li .. li ..li haaatt … i.. i .. tu kan Dilla “ kata Nanda
“ Dillaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ……… banguuun Dilla … kamu kenapa Dilla …? Banguuun ,,, Dilla ,,,, Dilaaaaaaaaaaaaaaaaaaa …( menangis ) “ kata Maria
“ Ha..ti..-Ha..ti..  jangan pernah datang ke gedung ini lagi … pergiiii …… pergiii …… aku sayang kalian ,,, karena dari itu , cepat pergi ! ( terbata-bata dengan mulut yang penuh dengan darah )” kata Dilla
          Kami pun se-segera mungkin untuk pulang dan meninggalkan Dilla yang sudah tiada di gedung itu . Saat menuju perjalanan pulang aku pun heran dengan Nanda yang sangat terlihat melamun saat di gonceng Maria . Mata nya merah , wajahnya pucat , dan selalu menunduk ke bawah . Lalu tiba-tiba , dia pun menoleh pada ku , dengan wajah yang sangat menyeramkan , dia memiliki taring gigi , ber-kuku panjang, dan mata merah yang menyala-nyala seperti api . Lalu Nanda berkata kepada-ku
“ Kau penyebab kami akan mati , kau yang mengundang kami kesini , aku peringatkan kepada-mu jangan pernah mendatangi rumahku lagi ( dengan suara serak yang menakutkan )”.
“ Ih , rasakan kamu ( sambil melemparkan tasnya yang penuh dengan barang-barang) “ kata-ku    
          Tapi usahaku sia-sia , tasku tembus ke badan Nanda .
“ Pergilah SEKARANG , sebelum kau yang akan MATI “ kata Nanda
          Aku pun langsung melaju kencang meninggalkan mereka .
“ Nan , kenapa Riya ninggalin kita ? “  kata Maria
“ gak tau ! Aneh tuh … kaya habis ngeliat setan aja ! “ kata Nanda
“ mungkin aja “ kata Maria
          Tiba-tiba dengan sekejap , Nanda berubah kembali menjadi menyeramkan .
“ Mariaaaa ( dengan suara serak bergema ) “ kata Nanda
“ kenapa ? eh , kenapa suara mu jadi begitu ? “ kata Maria
“ tolong antar aku pulang ! ( serak bergema ) “ kata Nanda
“ iya  , ini kita mau pulang nan ! “ kata Maria
“ kalau begitu kamu harus ikut aku pulang ke rumah ku ( gedung yang tadi ) “ kata Nanda
          Nanda pun langsung mencekik Maria , Lalu dia mencekik dirinya sendiri . Lalu motor Maria pun menabrak pohon di pinggir hutan . Mereka berdua pun bernasib sama dengan Dilla . Mereka bertiga telah tiada .
Lalu hanya aku yang masih hidup . Aku tak bisa berbuat apa-apa lagi selain menunggu apa yang terjadi selanjutnya , mayat mereka di tangani oleh polisi . Dan aku menjadi TERSANGKA . Aku pun di kenakan hukuman 7 tahun penjara .
          Tapi setelah 2 tahun penjara ,aku pun medapat gangguan jiwa karena aku merasa di hantui oleh teman-temanku . Setelah itu, aku pun ditampung oleh Rumah Sakit Jiwa .
Aku tidak pernah tenang ! aku selalu dihantui oleh mereka . Aku takut mereka ada di mana-mana . Semuanya terlihat seperti hantu .
Akhirnya , akupun berniat menyusul mereka dengan cara menggantungkan diri . Akhirnya  aku tewas dengan kepala yang tergantung di tali , dan badanku pun tergeletak di bawah lantai .
Kami semua akirnya MATI satu per satu .
TAMAT
Kisah ini hanyalah fiktif belaka . Dan menceritakan akibat buruk dari penasaran yang berlebihan tentang suatu hal yang tak diketahui .

Karya : Riya Oktaviyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar